RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATERI
MICROSOFT OFFICE WORD
MICROSOFT OFFICE EXCEL
MICROSOFT OFFICE POWER POINT
BROWSER DAN EMAIL
LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN
LKP DANUR DARA
KECAMATAN BUMI AGUNG KABUPATEN WAY KANAN
TAHUN 2018
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Lembaga
|
:
|
LKP
DANUR DARA
|
Kompetensi
|
:
|
MICROSOFT WORD (WORD PROCESSING)
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Operator
Komputer / Aplikasi Perkantoran
|
Kode Mata Pelajaran
|
:
|
TIK.OP.02.004.01
– TIK.OP.02.012.01
|
Waktu
|
:
|
20
Jam @ 60 menit (10 x pertemuan)
|
Deskripsi
|
:
|
-
Program pengolah kata dapat digunakan untuk
pengetikan naskah sesuai
dengan format yang ditentukan dengan menggunakan fasilitas-fasilitas dari program
pengolah kata.
|
:
|
-
Unit ini didasarkan pada kompetensi
pengenalan komputer
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengoperasikan Piranti Lunak Pengolah Kata
(Word Processing).
|
A. Kompetensi Dasar :
1. Mengenali dan mengetahui berbagai piranti lunak yang termasuk dalam pengolah kata.
2. Membuat dokumen;
3. Membuat naskah
dengan format
Indentasi (Format paragraf, bullets, numbering, tabulasi);
4. Membuat naskah
dengan format
kolom;
5. Membuat naskah
dengan format
tabel;
6. Membuat naskah surat massal;
7. Menggunakan fitur;
8. Mencetak dokumen.
B. Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat mengenali dan mengetahui berbagai piranti lunak yang termasuk dalam pengolah kata.
2.
Siswa dapat membuat
dokumen.
3.
Siswa dapat membuat naskah
dengan format
Indentasi (Format paragraf, bullets, numbering, tabulasi).
4.
Siswa dapat membuat naskah dengan format kolom.
5.
Siswa dapat membuat naskah dengan format table.
6.
Siswa dapat membuat naskah surat massal.
7.
Siswa dapat menggunakan fitur.
8.
Siswa dapat mencetak dokumen.
C. Materi pembelajaran :
-
Piranti lunak pengolah
kata
D. Metode pembelajaran :
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : percobaan / observasi
3. Model
Pembelajaran : Pembelajaran langsung
E. Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Motivasi
·
Fungsi piranti lunak pengolah kata
b.
Pengetahuan Prasyarat
·
Siswa telah memahami fungsi piranti lunak pengolah kata.
2. Kegiatan
Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
w
Siswa
dapat memahami konsep penggunaan piranti lunak pengolah kata.
w Siswa dapat menjelaskan fungsi perangkat lunak pengolah kata.
w
Melibatkan
peserta didik untuk memahami piranti lunak pengolah kata;
w
Menggunakan
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran yang sesuai;
w
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar;
w
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
w
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan penggunaan komputer.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
w
Berinteraksi
dengan komputer dengan bimbingan guru tentang materi yang diajarkan.
w
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
w
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran untuk memahami materi;
w
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
w
Memfasilitasi
peserta didik dalam menyelesaikan masalah;
w
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual;
w
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
w
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa;
w
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup,
guru:
w
Dengan
dibantu guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
w
Setiap
kali akhir pertemuan siswa mengumpulkan modul untuk diberi nilai, ditandatangani
pembimbing dan di tandatangani orang tua saat tiba dirumah.
F. Media Pembelajaran
1.
Modul
2.
Personal Computer (PC)
G. Sumber Belajar
1.
Modul
2.
Personal Computer (PC)
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
w
Menyebutkan
macam-macam piranti lunak pengolah kata dan fungsinya.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
Sebutkan macam-macam piranti lunak
pengolah kata dan fungsinya!
|
Bumi Agung, 01
Oktober 2018
Pimpinan LKP
Danur Dara
Ahmad
Ridwan,S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Lembaga
|
:
|
LKP
DANUR DARA
|
Kompetensi
|
:
|
MICROSOFT EXCEL (SPREAD SHEET)
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Operator
Komputer / Aplikasi Perkantoran
|
Kode Mata Pelajaran
|
:
|
TIK.OP.02.005.01
– TIK.OP.02.013.01
|
Waktu
|
:
|
20
Jam @ 60 menit (10 x pertemuan)
|
Deskripsi
|
:
|
-
Program pengolah angka dapat digunakan untuk
penyelesaian laporan-laporan yang berhubungan dengan angka (perhitungan) dengan menggunakan fungsi-fungsi
aritmatika, logika, fungsi table, dan pengolahan data base.
|
:
|
-
Unit ini didasarkan pada kompetensi
pengenalan komputer
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengoperasikan Piranti Lunak Pengolah Angka
(Spreadsheet).
|
A. Kompetensi
Dasar :
1. Mengenal dan
mengetahui berbagai piranti lunak yang termasuk dalam pengolah angka.
2. Membuat lembar
kerja dan mengetahui bagian-bagian lembar kerja.
3. Menggunakan menu
bar dan toolbar.
4. Menggunakan
fungsi format.
5. Menggunakan
fungsi operasi aritmatika.
6. Menggunakan
fungsi statistik.
7. Menggunakan
fungsi teks, tanggal dan waktu.
8. Menggunakan
fungsi logika.
9. Menggunakan
fungsi pembaca tabel.
10. Menggunakan
fungsi pengurutan dan penyaringan data.
11. Membuat grafik.
12. Mencetak laporan.
B. Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat mengenal dan mengetahui berbagai
piranti lunak yang termasuk dalam pengolah angka.
2.
Siswa
dapat membuat lembar kerja dan mengetahui bagian-bagian lembar kerja.
3.
Siswa dapat menggunakan menu bar dan toolbar.
4. Siswa dapat menggunakan
fungsi format.
5. Siswa dapat menggunakan
fungsi operasi aritmatika.
6. Siswa dapat menggunakan
fungsi statistik.
7. Siswa dapat menggunakan
fungsi teks, tanggal dan waktu.
8. Siswa dapat menggunakan
fungsi logika.
9. Siswa dapat menggunakan
fungsi pembaca tabel.
10. Siswa dapat menggunakan
fungsi pengurutan dan penyaringan data.
11. Siswa dapat membuat
grafik.
12. Siswa dapat mencetak
laporan.
C. Materi pembelajaran :
1.
Piranti lunak pengolah Angka
D. Metode pembelajaran :
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : percobaan / observasi
3. Model
Pembelajaran : Pembelajaran langsung
E.
Langkah-langkah
pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
·
Fungsi piranti lunak pengolah angka
b. Pengetahuan
Prasyarat
·
Siswa telah memahami fungsi piranti lunak pengolah angka.
2. Kegiatan
Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
w
Siswa
dapat memahami konsep penggunaan piranti lunak pengolah angka.
w Siswa dapat menjelaskan fungsi perangkat lunak pengolah angka.
w
Melibatkan
peserta didik untuk memahami piranti lunak pengolah angka;
w
Menggunakan
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran yang sesuai;
w
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar;
w
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
w
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan penggunaan komputer.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
w
Berinteraksi
dengan komputer dengan bimbingan guru tentang materi yang diajarkan.
w
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
w
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran untuk memahami materi;
w
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
w
Memfasilitasi
peserta didik dalam menyelesaikan masalah;
w
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual;
w
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
w
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa;
w
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup,
guru:
a.
Dengan
dibantu guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
b.
Setiap
kali akhir pertemuan siswa mengumpulkan modul untuk diberi nilai, ditandatangani
pembimbing dan di tandatangani orang tua saat tiba dirumah.
F. Media
Pembelajaran
1.
Modul
2.
Personal Computer (PC)
G. Sumber Belajar
1.
Modul
2.
Personal Computer (PC)
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
w
Menyebutkan
macam-macam piranti lunak pengolah angka dan fungsinya.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
Sebutkan macam-macam piranti lunak
pengolah angka dan fungsinya!
|
Bumi Agung, 01
Oktober 2018
Pimpinan LKP
Danur Dara
Ahmad
Ridwan,S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Lembaga
|
:
|
LKP
DANUR DARA
|
Kompetensi
|
:
|
MICROSOFT POWERPOINT (PRESENTASI)
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Operator
Komputer / Aplikasi Perkantoran
|
Kode Mata Pelajaran
|
:
|
TIK.OP.02.011.01
|
Waktu
|
:
|
14
Jam @ 60 menit (7 x pertemuan)
|
Deskripsi
|
:
|
-
Menggunakan piranti lunak untuk suatu
presentasi yan representatif.
|
:
|
-
Unit ini didasarkan pada kompetensi
pengenalan komputer
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengoperasikan Piranti Lunak Pengolah Presentasi.
|
A. Kompetensi
Dasar :
1.
Mengenal
dan mengetahui berbagai sofware yang termasuk dalam program presentasi.
2.
Membuat Slide Presentasi.
3.
Membuat slide dengan tampilan yang berbeda.
4.
Membuat slide dengan tampilan yang berbeda.
5.
Membuat dan memodifikasi teks dan gambar pada slide.
6.
Membuat animasi objek pada, slide transition, action
button, dan penyajian presentasi.
7.
Menampilkan dan mencetak slide.
B. Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat mengenal dan mengetahui berbagai sofware yang termasuk
dalam program presentasi.
2.
Siswa dapat membuat Slide Presentasi.
3.
Siswa dapat membuat slide dengan tampilan yang berbeda.
4.
Siswa dapat membuat slide dengan tampilan yang berbeda.
5.
Siswa dapat membuat dan memodifikasi teks dan gambar pada slide.
6.
Siswa dapat membuat animasi objek pada, slide transition, action
button, dan penyajian presentasi.
7.
Siswa dapat menampilkan dan mencetak slide.
C. Materi pembelajaran :
-
Piranti lunak pengolah presentasi
D. Metode pembelajaran :
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Percobaan / observasi
3. Model
Pembelajaran : Pembelajaran langsung
E.
Langkah-langkah
pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Motivasi
·
Fungsi piranti lunak pengolah presentasi
b.
Pengetahuan Prasyarat
·
Siswa telah memahami fungsi piranti lunak pengolah presentasi.
2. Kegiatan
Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
w
Siswa
dapat memahami konsep penggunaan piranti lunak pengolah presentasi.
w Siswa dapat menjelaskan fungsi perangkat lunak pengolah presentasi.
w
Melibatkan
peserta didik untuk memahami piranti lunak pengolah presentasi;
w
Menggunakan
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran yang sesuai;
w
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar;
w
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
w
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan penggunaan komputer.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
w
Berinteraksi
dengan komputer dengan bimbingan guru tentang materi yang diajarkan.
w
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
w
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran untuk memahami materi;
w
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
w
Memfasilitasi
peserta didik dalam menyelesaikan masalah;
w
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual;
w
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
w
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa;
w
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup,
guru:
w
Dengan
dibantu guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
w
Setiap
kali akhir pertemuan siswa mengumpulkan modul untuk diberi nilai, ditandatangani
pembimbing dan di tandatangani orang tua saat tiba dirumah.
F. Media
Pembelajaran
3.
Modul
4.
Personal Computer (PC)
G. Sumber Belajar
3.
Modul
4.
Personal Computer (PC)
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
w
Menyebutkan
macam-macam piranti lunak pengolah presentasi dan fungsinya.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
Sebutkan macam-macam piranti lunak
pengolah presentasi dan fungsinya!
|
Bumi Agung, 01
Oktober 2018
Pimpinan LKP
Danur Dara
Ahmad
Ridwan,S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Lembaga
|
:
|
LKP
DANUR DARA
|
Kompetensi
|
:
|
BROWSER DAN E-MAIL
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Operator
Komputer / Aplikasi Perkantoran
|
Kode Mata Pelajaran
|
:
|
TIK.OP.02.006.01
– TIK.OP.02.007.01 – TIK.OP.02.010.01
|
Waktu
|
:
|
12
Jam @ 60 menit (6 x pertemuan)
|
Deskripsi
|
:
|
-
Mengoperasikan program browser untuk mencari
dan mengambil informasi yang dibutuhkan dan mengoperasikan program email
untuk mengirim, membaca, membalas
serta mencetak email.
|
:
|
-
Unit ini didasarkan pada kompetensi
pengenalan komputer
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengoperasikan Piranti Lunak Browser dan
Email.
|
A. Kompetensi
Dasar :
1.
Mengetahui berbagai piranti lunak browser dan e-mail client.
2.
Mengoperasikanweb browser dan email client.
3.
Menggunakan fungsi menu dan toolbar.
4.
Mengoperasikan e-mail.
5.
Mencetak dan menyimpan web dan e-mail.
B. Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat mengetahui berbagai piranti lunak browser dan
e-mail client.
2.
Siswa dapat mengoperasikanweb browser dan email client.
3.
Siswa dapat menggunakan fungsi menu dan toolbar.
4.
Siswa dapat mengoperasikan e-mail.
5.
Siswa dapat mencetak dan menyimpan web dan e-mail.
C. Materi pembelajaran :
-
Piranti lunak browser
dan e-mail
D. Metode pembelajaran :
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Percobaan / observasi
3. Model
Pembelajaran : Pembelajaran langsung
E.
Langkah-langkah
pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Motivasi
·
Fungsi piranti lunak browser dan e-mail
b.
Pengetahuan Prasyarat
·
Siswa telah memahami fungsi piranti lunak browser dan
e-mail.
2. Kegiatan
Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
w
Siswa
dapat memahami konsep penggunaan piranti lunak browser dan e-mail.
w Siswa dapat menjelaskan fungsi perangkat lunak browser dan e-mail.
w
Melibatkan
peserta didik untuk memahami piranti lunak browser dan e-mail.
w
Menggunakan
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran yang sesuai;
w
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar;
w
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
w
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan penggunaan komputer.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
w
Berinteraksi
dengan komputer dengan bimbingan guru tentang materi yang diajarkan.
w
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
w
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran untuk memahami materi;
w
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
w
Memfasilitasi
peserta didik dalam menyelesaikan masalah;
w
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual;
w
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
w
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa;
w
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup,
guru:
w
Dengan
dibantu guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
w
Setiap
kali akhir pertemuan siswa mengumpulkan modul untuk diberi nilai, ditandatangani
pembimbing dan di tandatangani orang tua saat tiba dirumah.
F. Media
Pembelajaran
1.
Modul
2.
Personal
Computer (PC)
G. Sumber Belajar
1.
Modul
2.
Personal Computer (PC)
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
w
Menyebutkan
macam-macam piranti lunak browser dan e-mail.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
Sebutkan macam-macam piranti lunak
browser dan e-mail!
|
Bumi Agung, 01
Oktober 2018
Pimpinan LKP
Danur Dara
Ahmad
Ridwan,S.Pd
0 Tanggapan:
Posting Komentar