LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DANUR DARA
KOMPUTER
Aplikasi Perkantoran
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN WAY KANAN
DINAS PENDIDIKAN NON FORMAL
DINAS PEMBINAAN KURSUS DAN KELEMBAGAAN
2018
BAB I
PENDAHULUAN
A.
RASIONAL
Peningkatan
pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara sudah merupakan tuntutan kita bersama. Baik
pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat. Tuntutan itu berkembang dalam rangka
mempersiapkan terwujudnya tatanan masyarakat informasi Indonesia sebagai bagian
dari masyarakat informasi dunia.
Dalam rangka
menyiapkan bangsa Indonesia
untuk memasuki tatanan
masyarakat informasi dunia, diperlukan
pengembangan Sumber Daya
Manusia (SDM) yang
nantinya akan mengembangkan dan
mendayagunakan insfratruktur infromasi dan komunikasi tersebut. Nantinya
diharapkan SDM yang dihasilkan dapat menjawab tantangan global di masa depan,
dan masyarakat informasi Indonesia menjadi
terdepan dari masyarakat
informasi dunia lainnya.
Untuk itu dibutuhkan proses
pembelajaran yang berkelanjutan
dan tersistematis, terprogram
dan terukur, baik di pendidikan
formal maupun dipendidikan non-formal.
Sebagaimana telah
ketahui bersama bahwa
tuntutan dunia industri
yang selalu menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi (information and communication technology-ICT) dengan
standar Computer Literate Certification (CLC),
sangatlah tinggi baik secara kualitas maupun secara kuantitas. Menuntut pula,
lembaga penyelenggara pendidikan
non formal di bidang
komputer dan Departemen
Pendidikan Nasional, khususnya Direktorat Pembinaan
Kursus dan Kelembaga beserta Konsorsium Kumputer, untuk membuat
dan memiliki standar
kurikulum yang mengacu pada
kebutuhan dunia usaha. Kemudian
diperlukan pula sebuah
sertifikasi terhadap pencapai
kurikulum dalam bentuk Uji Kompetensi yangakhirnya menghasilkan sertfikasi
Computer Leterate Certification (CLC) yang hanya diterbitkan oleh
Lembaga Sertifikasi Kompetensi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
(LSK TIK). Merupakan keharusan SDM
dibidang ICT sebagai bentuk pengakuan
akan kompetensi yang
dimiliki setiap SDM.
Sementara itu, dukungan pengetahuan yang
diperoleh pada jenjang pendidikan
formal belum cukup
untuk membentuk kompetensi yang
diperlukan oleh dunia industri. Karenanya, diperlukan
kursus dibidang ICT
yang berstandar CLC yang mengedepankan
kompetensi dari setiap
SDM dan mengacu pada
kebutuhan dunia usaha atau dunia industri.
Standar Kompetensi
tersebut tercermin dalam Standar
Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)
yang selanjutnya diperinci
secara detail dalam sebuah
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dibidang ICT (Komputer). Format
Kurikulum Berbasis Kompetensi mencakupi Unit Kompetensi atas Standar Kompetensi
yang membutuhkanKompetensi Dasar yang diharapkan dalam proses pembelajaran.
Untuk itu kompetensi dasar terurai dalam indikator atau kreterian unjuk kerja,
hal ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik dapat mencapai
kompetensi dasar yang diharapkan dan rentang waktu pembelajaran yangtelah
ditetapkan. Maka peran materi pokok pembelajaran sebagai
penyeragaman standar penyampaian
materi belajar, diharapkan
dapat membangun kualitas kompetensi yang sama pada setiap SDM.
Untuk mengukur
keberhasilan proses pembelajaran
setiap peserta didik
sebelum mereka kembali kepada
masyarakat atau dunia
usaha, maka sangat
diperlukan uji kompetensi
yang pada akhirnya akan
mengakui kompetensi setiap
SDM dalam bentuk CLC. Dengan demikian kebutuhan Dunia Industri yang menggunakan
pemanfaatan ICT tidak
mengalami hambatan yang
signifikan dalam usaha mencapai target-target usaha.
Dengan demikian
keberadaan KBK dalam
uji kompetensi merupakan sinergi
yang kuat dalam membangun masyarakat
informasi indonesia yangmumpuni dan mampu bersaing di dunia global. Yang pada akhirnya akan mampu
membangun masyarakat IT yang berbudi dan berbudaya tinggi sesuai dengan harkat
dan martabat bangsa.
B. TUJUAN
1. Tujuan Umum
Mempersiapkan,
mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mendayagunakan insfratruktur
informasi dan komunikasi, agar terampil sebagai Operator Aplikasi
Komputer dalam rangka memenuhi kebutuhan DUDI.
2. Tujuan Khusus
Sebagai
pedoman bagi penyelenggara, dan pendidik dalam menyelenggarakan dan melaksanaan pendidikan pada lembaga
kursus agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang terampil
dan kompeten dibidang
Aplikasi Perkantoran. Adapun
Aplikasi Perkantoran itu sendiri terdiri dari unit kompetensi
sebagai berikut : Pengolah Kata (Word
Processing), Pengolah Angka (Spread Sheet), Pengolah Presentasi (Presentation),
Browsing dan e-mail.
C.
HAKEKAT
KURIKULUM KOMPUTER (ICT)
Perkembangan
teknologi komputer, telekomunikasi dan informasi telah berjalan sedemikian
rupa, sehingga kondisi pada saat ini sudah sangat jauh berbeda dengan sepuluh
tahun yang lalu. Pemanfaatan teknologi tersebut telah mendorong pertumbuhan
dunia usaha atau dunia industri yang pesat, dan membutuhkan standar
pembelajaran dan standar kualifikasi kompetensi. Disamping itu berbagai
informasi telah dapat disajikan dengan canggih dan mudah diperoleh, dan melalui
hubungan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi dapat
digunakan untuk bahan melakukan langkah kebijakan dunia usahaselanjutnya.
Pihak-pihak yang terkait dalam transaksi tidak perlu bertemu face to face,
cukup melalui peralatan komputer dan telekomunikasi, kondisi yang demikian
merupakan pertanda dimulainyaera siber dalam bisnis.
Melihat
perkembangan di atas dapat dimaknai bahwa Teknolgi Informasi dan Komunikasi
(ICT) mempunyai pengertian dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi
Kumunikasi. Teknologi Informasi mempunyai pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu (Komputer), manipulasi, dan pengelolaan
informasi. Teknologi Komunikasi mempunyai pengertian segala hal yang berkaitan
denganna penggunaan alat bantu (komputer) untuk memproses dan mentransfer data
dari piranti satu ke lainnya.
Karena itu,
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian
luas tentang segala aspek yang terkait dengan
pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar
media yang menggunakan teknologi tertentu.
Dengan membuat dan
selanjutnya menetapkan kurikulumberbasis komunikasi dibidang TIK (ICT) pada
lembaga kursus pendidikan non-formal, akan membantu peserta didik untuk belajar
dan menggali pengetahuan dibidang TIK dan menggunakan segala potensi yang ada untuk pengembangan
kemampuan diri. Pemberlajaran
bidang TIK akan memberikan
motivasi dan kesenangan kepada peserta didik dan bekerja secara mandiri. Selain itu pengunaan atau pemanfaatan
KBK TIK akan meningkatkan proses pembelajaran yang mengacu pada
kebutuhan dunia usaha dan industri, yang
pada akhirnya akan menciptakan etos kerja yang mengutamakan
produktivitas dan kecepatan yang akuntabel dan sistematis.
Kurikulum Berbasis
Komptensi bidang TIK yang mengacu pada
kebutuh dunia usaha atau dunia Industri
dirancang secara sistematis dalam Aplikasi Perkantoran yang mencakup materi /
unit kompetensi: Pengolah Kata (Word Processing), Pengolah Angka (Spread
Sheet), Pengolah Presentasi
(Presentation), Browsing dan e-mail.
Setelah peserta
didik menyelesaikan pelajaran dan mengikuti Ujian Nasional berbasis kompetensi
untuk seluruh unit kompetensi yang ada pada Aplikasi Perkantoran dan dinyatakan kompeten, maka
peserta didik memenuhi syarat untuk
memiliki Sertifikat Operator
Aplikasi Perkantoran.
D. RUANG LINGKUP
Kursus Komputer
(ICT) pada dasarnya menumbuh kembangkan kemampuan (kompetensi) dalam lingkup
pekerjaan sebagai operator aplikasi perkantoran yang dirinci dalam cakupan
sebagai berikut :
1. Pemahaman tentang pengetahuan mengenai hal-hal
yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dan elemen-elemen kompetensi yang
dibutuhkan untuk menjadi
seorang operator aplikasi
perkantoran.
2. Pengetahuan Ilmu dan perkembangan komputer
kekinian.
3. Kemampuan-kemampuan dalam lingkup pekerjaan yang
berkaitan dengan pemanfaatan Komputer
(ICT) dalam berbagai cabang kegiatan yang dibutuhkan dunia industri.
4. Nilai-nilai, sikap, dan etika kerja serta
kemampuan berkomunikasi guna menjadi pekerja sebagai operator aplikasi
perkantoran.
E. PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
1. Pendekatan Pembelajaran
Peserta didik akan diberikan
semangat untuk mengembangkan kemampuan
belajar mandiri demi memenuhi tujuan program ini. Presentasi audio
visual digunakan untuk melengkapi proses belajar mengajar, dan diskusi
interaktif pun dianjurkan di dalam kelas.
Metode proses
belajar mengajar yang digunakan seperti : latihan praktik, demonstrasi, dan penugasan berupa kasus yang
bersesuaian dengan unit kompetensi yang
diikuti. Peserta didik diuji secara pengetahuan dan praktik.
Setiap akhir
pertemuan dilakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana peserta didik dapat
menyerap materi yang disampaikan, adapun evaluasi berupa penugasan praktik.
Hasil dari evaluasi yang dilakukan Pendidik dapat menilai sejauh mana peserta
didik menguasai materi yang disampaikan.
Dari hasil penilaian yang dilakukan, pendidik dapat menentukan langkah yang
harus diambil untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2. Penilaian
a. Dasar Penilaian
Penilaian
ini berhubungan dengan tujuan dan sasaran program aplikasi perkantoran, dan
akan menilai kapasitas peserta didik secara adil dan dapat dipercaya. Peserta
didik akan dinilai melalui ujian praktek keterampilan yang hasil akhirnya
diharapkan merupakan cerminan dari penguasaan peserta didik melalui materi yang
diberikan.
Penilaian
dari hasil belajar didasarkan atas hal-hal yang telah dicapai oleh peserta didik
untuk tiap unit kompetensi yang diikuti, kemampuan yang dilihat berdasarkan
standar kompetensi aplikasi perkantoran.
b. Prosedur Penilaian
Tiap
peserta didik diberikan keterangan yang jelas mengenai syarat-syarat yang
dibutuhkan untuk mendapatkan penilaian yang baik.
Peserta
didik selain mengikuti ujian lokal (pada lembaga / institusi tempat peserta didik
belajar), juga mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi
Kompetensi di bidang Teknologi Infromasi dan Komunikasi (LSK TIK) yang
terakreditasi dan diakui secara formal oleh Direktorat pembinaan kursus dan
kelembagaan.
Penilaian
ujian lokal dilakukan oleh tenaga pendidik dari lembaga atau institusi tempat
peserta didik belajar.
Adapun
penilaian Uji Kompetemsi dilakukan oleh tenaga penguji tingkat nasional yang bersesuaian dengan unit
kompetensi yang telah disertifikasi
oleh LSK TIK
dan Direktorat pembinaan kursus dan kelembagaan.
3. Evaluasi
a. Evaluasi Kelas
·
Evaluasi
dilakukan selesai pertemuan, dengan mempraktikkan materi dengan contoh berupa
studi kasus.
b. Evaluasi Program
·
Untuk memastikan
materi dalam program,
kelas dan apa
yang diberikan memenuhi sasaran dan tujuan.
·
Untuk menentukan
apakah peserta memenuhi
standard yang diharapkan
dengan cara pengerjaan.
·
Untuk
menentukan tingkat keberhasilan dan ingatan seorang peserta didik.
·
Untuk menetapkan
apakah program cukup baik untuk memenuhi kebutuhan industri.
·
Untuk
mengkritik metode penyampaian materi dalam kelas dan metode cara mengajar yang
efektif.
·
Untuk
memastikan keabsahan dan dapat diandalkan atau tidaknya penilaian yang diberikan.
F. PROFIL LULUSAN
Setelah
menyelesaikan program dan dinyatakan kompeten setelah mengikuti Uji Kompetensi yang diselenggarakan oleh
Lembaga Sertifikasi Kompetensi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (LSK-TIK) maka lulusannya dapat
bekerja sebagai staf : administrasi / sekretariat / keuangan / personalia dari
Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), mengingat sebagian kegiatan yang ada
pada DUDI akanmelibatkan aplikasi perkantoran. Dengan menerapkan etos kerja
yang baik dan memiliki kemampuan menyelesaikan persoalan kerja sesuai dengan
dengan bidang perkerjaan dan kompetensi yang dimilikinya.
G. HUBUNGANNYA DENGAN PROGRAM LAIN
Sertifikat aplikasi
perkantoran atau Computer Literate Certification merupakan salah satu Jenjang yang ada pada Standar
Kompetensi Lulusan bidang keterampilan komputer yang terdiri dari 8 kelompok
yaitu : Aplikasi Perkantoran, Aplikasi
Multimedia, Jaringan, Programming, System Analysis & Design, Web
Design, Web Developer, Maintenance Computer.
Dimana
pengelompokan kategori penjenjangan tersebut di atas bersifat fleksibel dinamis. Fleksibel berarti dapat
dimulai dari jenjang manapun. Dinamis sesuai
perkembangan, perubahan kebutuhan dan tuntutan kompetensi di dunia
kerja. Fleksibilitas dan dimanis berarti pula antar standar kompetensi saling mendukung,
tetapi antar kompetensi bukan merupakan langkah demi langkah yang harus
dilaksanakan.
BAB II
STRUKTUR KURIKULUM
A.
PROGRAM
KEGIATAN BELAJAR
Program kegiatan belajar untuk operator aplikasi
perkantoran meliputi :
No
|
Kode
|
Standar Kompetensi
(SK)
|
Waktu (@ 60 menit)
|
1.
|
TIK. OP. 02.004.01
TIK. OP. 02.012.01
|
Mengoperasikan piranti lunak pengolah kata (Word
Processing)
|
20 jam
|
2.
|
TIK. OP. 02.005.01
TIK. OP. 02.013.01
|
Mengoperasikan piranti lunak pengolah angka
(Spread Sheet)
|
20 jam
|
3.
|
TIK. OP. 02.011.01
|
Mengoperasikan piranti lunak pengolah presentasi
|
14 jam
|
4.
|
TIK. OP. 02.006.01
TIK. OP. 02.007.01
|
Mengoperasikan piranti lunak browser dan email
|
12 jam
|
Jumlah jam
|
66 jam
|
BAB III
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
Level :
-
Jabatan :
Operator Aplikasi Perkantoran
1.
Kode
Unit : TIK.OP.02.004.01 - TIK.OP.02.012.01
2.
Standar
Kompetensi : Mengoperasikan piranti lunak
pengolah kata
(Word Processing)
3.
Waktu : 20 jam @ 60 menit
4.
Deskripsi
Unit : Program pengolah kata dapat digunakan untuk
pengetikan
naskah sesuai dengan format yang ditentukan dengan
menggunakan fasilitas-fasilitas dari program
pengolah kata.
Unit ini didasarkan pada kompetensi
pengenalan komputer.
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
METERI POKOK
|
1.
|
Mengenali dan mengetahui berbagai piranti lunak
yang termasuk dalam pengolah kata.
|
1.1
Mengidentifikasikan
ragam piranti lunak yang termasuk dalam kelompok pengolah kata.
1.2
Mengoperasikan
salah satu dari berbagai ragam piranti lunak yang termasuk dalam kelompok
pengolah kata
1.3
Membedakan
berbagai ragam piranti lunak yang termasuk dalam kelompok pengolah kata yang
berlisensi
|
·
Berbagai
ragam piranti lunak dalam pengolah kata
·
Salah satu
dari berbagai ragam piranti lunak dalam pengolah kata diaktifkan
|
2.
|
Membuat dokumen
|
2.1
Membuat dan
menyimpan dokumen baru
2.2
Membuka dan
mengedit dokumen
2.3
Mengatur halaman
sesuai kebutuhan
|
·
Dokumen
baru.
·
Buka dan
simpan dokumen
·
Edit
dokumen
·
Cari dan
ganti kata.
·
Edit
halaman pada dokumen dalam pengolah kata
|
3.
|
Membuat naskah dengan format Indentasi (Format
paragraf, bullets, numbering, tabulasi)
|
3.1 Mengatur format paragraf sesuai kebutuhan
3.2 Membuat bullet, numbering, tabulasi dengan benar
3.3 Membuat header and footer dengan benar
|
·
Format
paragraf
·
Spasi
halaman
·
Indentasi
·
Bullet dan
numbering
·
Tabulasi
·
Header
·
Footer
·
Page number
|
4.
|
Membuat naskah dengan format kolom
|
4.1 Mengidentifikasi Jumlah kolom dan membuat kolom
4.2 Memodifikasi Kolom, jarak kolom dan garis antar kolom sesuai
dengan format yang ada
4.3 Memodifikasi teks dengan dropcap
|
·
Jumlah
kolom
·
Garis
antara kolom
·
Format
kolom
·
Format
jarak kolom
·
Format
garis antar kolom
·
Dropcap
|
5.
|
Membuat naskah dengan format tabel
|
5.1 Mengidentifikasi jumlah baris dan kolom serta
membuat baris dan kolom
5.2 Mengerjakan penggabungan sel, pemecahan sel dan penghapusan
sel
5.3 Menambah dan menghapus baris dan kolom.
5.4 Memberi dan memodifikasi bingkai serta warna
latar pada tabel.
5.5 Mengidentifikasi formula pada tabel
|
·
Format
baris
·
Format
kolom
·
Merge cels
·
Split cels
pada tabel
·
Warna latar
pada tabel
·
Bingkai /
border pada tabel
·
Formula
pada tabel
|
6.
|
Membuat naskah surat massal
|
6.1 Membuat dokumen utama dan data source.
6.2 Menyisipkan fields pada tempat yang benar di
dokumen utama.
6.3 Mencetak dokumen utama dan data source pada
dokumen baru.
|
·
Dokumen
utama pada pembuatan surat masal.
·
Data source
pada pembuatan surat masal.
·
Fields name
pada dokumen utama.
·
Cetak
dokumen surat massal
|
7.
|
Menggunakan fitur
|
7.1 Menyisipkan picture, object dan wordart pada naskah
dengan benar
7.2 Memodifikasi picture, object dan wordart pada
naskah
|
·
Insert
picture
·
Insert
object
·
Insert
wordart
|
8.
|
Mencetak dokumen
|
8.1 Menampilkan dokumen pada media layar (print
preview)
8.2 Mencetak dokumen ke kertas
8.3 Mencetak dokumen ke file
8.4 Mencetak dokumen dalam bentuk file .PDF
|
·
Print
preview
·
Cetak
naskah/dokumen
|
Level :
-
Jabatan :
Operator Aplikasi Perkantoran
1.
Kode
Unit : TIK.OP.02.005.01 - TIK.OP.02.013.01
2.
Standar
Kompetensi : Mengoperasikan piranti lunak
pengolah angka
(Spreadsheet)
3.
Waktu : 20 jam @ 60 menit
4.
Deskripsi
Unit : Program pengolah angka dapat digunakan untuk menyelesaikan
laporan-laporan yang berhubungan dengan angka
(perhitungan)
dengan menggunakan fungsi-fungsi aritmatika,
logika, fungsi
tabel, dan pengolahan data base. Unit ini
didasarkan pada
kompetensi pengenalan komputer.
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
METERI POKOK
|
9.
|
Mengenal dan mengetahui berbagai piranti lunak
yang termasuk dalam pengolah angka
|
9.1 Mengidentifikasi salah satu dari berbagai ragam
piranti lunak yang termasuk dalam kelompok pengolah angka.
9.2 Mengoperasikan salah satu dari berbagai ragam
piranti lunak yang termasuk dalam kelompok pengolah angka.
9.3 Membedakan berbagai ragam piranti lunak yang
termasuk dalam kelompok pengolah data angka yang berlisensi
|
·
Berbagai
ragam piranti lunak dalam kelompok pengolah angka
·
Salah satu
dari berbagai ragam piranti lunak dalam kelompok pengolah angka diaktifkan
·
Perbedaan
piranti lunak dalam kelompok pengolah angka
|
10.
|
Membuat lembar kerja dan
mengetahui bagian-bagian
lembar kerja
|
10.1 Membuat, mengatur,menyimpan dan membuka kembali Workbook.
10.2 Mengelola Lembar kerja (sheet)
10.3 Mengidentifikasi dan memodifikasi fungsi
bagian-bagian lembar kerja.
|
·
Lembar
kerja (sheet)
·
Buka dan
simpan lembar kerja
·
Edit lembar
kerja.
·
Ganti nama,
hapus, copy, pindah dan sisip sheet.
·
Fungsi pada
lembar kerja.
·
Modifikasi
fungsi bagianbagian lembar kerja.
|
11.
|
Menggunakan menu bar dan toolbar
|
11.1 Memahi menu bar dan menu toolbar dengan benar
11.2 Menggunakan menu bar dan menu toolbar dengan
benar
|
·
Menu bar
·
Menu
toolbar
|
12.
|
Menggunakan fungsi format
|
12.1 Memformat tampilan angka, Tanggal/waktu, mata
uang, persen dengan format sel number
12.2 Mengatur posisi teks dengan format sel alignment
12.3 Mengatur huruf dengan format sel font
12.4 Mengatur bingkai dengan format sel border
12.5 Mengatur warna latar dengan format sel pattern
|
·
Format cell
number
·
Alignment
tampilan
·
Format
tampilan huruf/font pada sel dalam pengolah data angka
·
Format
bingkai/border pada sel
·
Warna
latar/pattern pada sel dalam
|
13.
|
Menggunakan fungsi operasi aritmatika
|
13.1 Mengidentifikasikan pengunaan referensi
sel/range untuk operasi perhitungan, aritmatika dan fungsi matematika
13.2 Menggunakan referensi sel/range untuk operasi
perhitungan dan fungsi
13.3 Menggunakan operasi aritmatika untuk melakukan
pengolahan data angka
13.4 Menggunakan fungsi matematika untuk pengolahan
data angka
|
·
Operasi
hitung dan fungsi dengan referensi sel/range yang sesuai (absolut, relatif,
semi absolut)
·
Operasi
aritmatika (tambah, kurang, bagi,
pangkat)
·
Operasi
matematika (int, round, mod, sqrt)
|
14.
|
Menggunakan fungsi statistik
|
14.1 Mengidentifikasikan fungsi statistik untuk
menyelesaikan operasi statistik (pencarian nilai tertinggi, terendah,
ratarata dan perhitungan jumlah data)
14.2 Mengidentifikasi fungsi statistik untuk
menyelesaikan operasi statistik dengan kondisi tertentu (perhitungan jumlah
data)
|
·
Fungsi
statistik (max, min, average, count)
|
15.
|
Menggunakan fungsi teks, tanggal dan waktu
|
15.1 Mengidentifikasi fungsi teks sesuai dengan
kebutuhan (left, right, mid, upper, lower, value)
15.2 Mengidentifikasi fungsi tanggal dan waktu sesuai
dengan kebutuhan
|
·
Fungsi teks
(left, right, mid, upper, lower, value) pada pengolah data string.
·
Fungsi
tanggal dan waktu (now, date, time, year,month, day, weekday dll)
|
16.
|
Menggunakan fungsi logika
|
16.1 Mengidentifikasikan fungsi logika untuk menyelesaikan
masalah
16.2 Menggunakan fungsi logika sesuai dengan
permasalahan dengan benar
|
·
fungsi
logika (if, sumif)
|
17.
|
Menggunakan fungsi pembaca tabel
|
17.1 Mengidentifikasikan fungsi pembacaan tabel
sesuai dengan permasalahan
17.2 Menggunakan fungsi pembacaan tabel sesuai dengan
permasalahan (hlookup, vlookup) dengan benar
|
·
fungsi
pembacaan tabel (hlookup, vlookup)
|
18.
|
Menggunakan fungsi pengurutan dan
penyaringan data
|
18.1 Mengurutkan data sesuai dengan kebutuhan berdasarkan
kriteria tertentu
18.2 Menyaring data sesuai dengan kebutuhan
berdasarkan kriteria tertentu
18.3 Membuat subtotal
18.4 Menggunakan pivot table
|
·
Sort
data/urut data
·
Filter/saring
data
·
Subtotal
·
Pivot
table.
|
19.
|
Membuat grafik
|
19.1 Membuat grafik sesuai dengan prosedur yang benar
19.2 Memodifikasi grafik sesuai dengan kebutuhan
|
·
Grafik pie
·
Grafik
lainnya
·
Modifikasi
grafik
|
20.
|
Mencetak laporan
|
20.1 Mensetting laporan, dan melakukan pencetakan
laporan.
20.2 Mencetak dokumen dalam bentuk file .PDF
|
·
Setting
laporan
·
Setting
tampilan
·
Cetakan
laporan
|
Level :
-
Jabatan :
Operator Aplikasi Perkantoran
1.
Kode
Unit : TIK.OP.02.011.01
2.
Standar
Kompetensi : Mengoperasikan
piranti lunak program presentasi
3.
Waktu : 14 jam @ 60 menit
4.
Deskripsi
Unit : Menggunakan piranti lunak untuk suatu presentasi yang
representatif. Unit ini didasarkan pada kompetensi pengenalan
komputer.
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
METERI POKOK
|
21.
|
Mengenal dan
mengetahui berbagai
sofware yang termasuk
dalam program
presentasi
|
21.1 Mengidentifikasi piranti lunak yang termasuk
dalam kelompok program presentasi dan mengoperasikannnya
21.2 Menyusun rancangan kerangka presentasi secara
sistematis
21.3 Membedakan berbagai piranti lunak yang termasuk
dalam kelompok pengolah presentasi yang berlisensi.
|
·
Piranti
lunak kelompok program presentasi
·
Operasional
program presentasi
·
Kerangka
presentasi
|
22.
|
Membuat Slide
Presentasi
|
22.1 Memahami teknik dasar mendesain sebuah slide
dalam presentasi
22.2 Mendesain slide presentasi
22.3 Mendesain slide presentasi sesuai dengan permasalahan
|
·
Teknik
dasar design slide
·
Pengertian
objek dan slide
·
Slide
presentasi (new slide, open close, menyimpan, edit dan formating slide)
·
Design
slide
·
Slide show
|
23.
|
Membuat slide dengan
tampilan yang berbeda
|
23.1 Menampilkan dan menghilangkan menu dan toolbar
sesuai dengan keperluan
23.2 Memanfaatkan fungsi menu bar dan toolbar
|
·
Slide chart
·
Slide table
·
Slide kolom
·
Slide
numbering or bullets
·
Slide
organization chart
|
24.
|
Membuat slide dengan
tampilan yang berbeda
|
24.1 Mendesain slide berbentuk chart/grafik
24.2 Mendesain slide berbentuk tabel
24.3 Mendesain slide berbentuk kolom dan numbering
bullet
24.4 Mendesain slide berbentuk struktur organisasi
|
·
Slide chart
·
Slide table
·
Slide kolom
·
Slide
numbering or bullets
·
Slide organization
chart
|
25.
|
Membuat dan
memodifikasi teks dan
gambar pada slide.
|
25.1 Menggunakan menu drawing untuk membuat tampilan
object pada slide
25.2 Mengatur tampilan objek gambar pada slide
25.3 Memodifikasi teks (warna, ukuran, dan jenis
teks).
|
·
Menu
drawing
·
Background
slide
·
Slide
design & layout
·
Clip art
·
Insert
picture
|
26.
|
Membuat animasi objek
pada, slide transition,
action button, dan
penyajian presentasi
|
26.1 Memberikan animasi di setiap objek pada suatu
slide
26.2 Memberikan efek slide transisi pada setiap slide
26.3 Memberikan hyperlink pada setiap slide
26.4 Mengidentifikasi teknik penyajian presentasi
|
·
Custom
animasi
·
Slide
transisi
·
Action
buttom
·
Teknik
penyajian presentasi
|
27.
|
Menampilkan dan
mencetak slide
|
27.1 Menggunakan teknik presentasi
27.2 Mempresentasikan slide
27.3 Mencetak layout presentasi
|
·
Teknik
dasar presentasi
·
Persiapan
presentasi
·
Presentasi
dengan monitor
·
Handout
·
Cetak dalam
bentuk .PDF
|
Level :
-
Jabatan :
Operator Aplikasi Perkantoran
1.
Kode
Unit : TIK.OP.02.006.01- TIK.OP.02.007.01- TIK.OP.02.010.01
2.
Standar
Kompetensi : Mengoperasikan
piranti lunak Browser dan Email
3.
Waktu : 12 jam @ 60 menit
4.
Deskripsi
Unit : Mengoperasikan program browser untuk mencari dan
mengambil informasi yang dibutuhkan dan mengoperasikan
program email untuk mengirim, membaca, membalas serta
mencetak email. Unit ini didasarkan pada
kompetensi
pengenalan komputer.
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
METERI POKOK
|
28.
|
Mengetahui berbagai
piranti lunak browser dan
email client
|
28.1 Mengidentifikasi manfaat e-mail
28.2 Mengidentifikasi etika menggunakan e-mail
28.3 Mengidentifikasi berbagai piranti lunak browser
dan email client
|
·
Pengertian
dan manfaat Browser dan e-mail
·
Etika
e-mail
·
Browser dan
e-mail
|
29.
|
Mengoperasikan web
browser dan email client
|
29.1 Menginstal piranti lunak email client
29.2 Mengidentifikasi koneksi internet (ISP) ke
provider
29.3 Mengidentifikasi alamat web
29.4 Mengidentifikasi istilahistilah web dan email
29.5 Membuat konfigurasi SMTP server, POP server,
IMAP server account email, default user dan password
29.6 Menggunakan search engine dan melakukan browsing untuk mencari berbagai informasi yang
dibutuhkan
|
·
Instalasi
piranti lunak e-mail client (termasuk format POP3)
·
Koneksi ISP
·
Alamat WEB
dan type domain
·
Istilah-istilah
web dan e-mail
·
Konfigurasi
SMTP, POP, dan IMAP server account e-mail
·
Konfigurasi
default user, dan password
·
Search
engine, browsing, dan download informasi dari Web
|
30.
|
Menggunakan fungsi
menu dan toolbar
|
30.1 Mengidentifikasi menu bar
30.2 Mengidentifikasi toolbar
|
·
Overview
menu bar dan toolbar
·
Operator
menu bar dan toolbar
·
Edit menu
toolbar
|
31.
|
Mengoperasikan e-Mail
|
31.1 Membuat account email
31.2 Mengidentifikasi sign in dan out
31.3 Membuat dan mengirimkan lembar surat per orang
dan atau rombongan
31.4 Menunjukan dan membuka e-mail baru
31.5 Membuat balasan email ke si pengirim atau ke
orang lain
31.6 Mengidentifikasi dokumen-dokumen pada saat
pengiriman email
|
·
Account
e-mail (Sign Up)
·
Sign In dan
sign out
·
Formating
email
·
Send e-mail
·
Lembar
surat baru
·
Mengirimkan
lembar surat
·
Membalas
e-mail dan meneruskan e-mail ke orang lain.
·
Attachment
file atau dokumen
·
Download
file atau dokumen dari e-mail
|
32.
|
Mencetak dan
menyimpan web dan email
|
32.1 Menyimpan file-file hasil browsing pada media
yang tersedia
32.2 Menyimpan dan mencetak informasi hasil browsing
32.3 Menyimpan link tertentu pada media yang tersedia
(download).
|
·
Download
·
Publikasi
dokumen
·
Seleksi
informasi
·
Transfer
informasi ke media lain
·
Cetak
informasi terpilih
·
Link
address dan Hyperlink
|
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
- Model Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) berisi komponen yang harus dilaksanakan dan dicapai dalam proses yang tertuang dalam struktur dan muatan kurikulum, silabus dan RPP.
- Model Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), disusun dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi lembaga pendidikan non formal, peserta didik dan lingkungan.
- Kurikulum KBK LKP Danurdara ini diperuntukkan kepada semua warga Lembaga, terutama peserta didik, pendidik sebagai acuan dalam menyampaikan dan menuntaskan materi pembelajaran.
B. Saran
- Sejalan dengan otonomi lembaga, maka Model Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), hendaklah menjadi pedoman dan arah dalam pengelolaan pendidikan terutama pengelolaan proses belajar dan mengajar guna tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan secara efektif dan efisien.
- Untuk mewujudkan keberhasilan pelaksanaan KBK perlu dukungan dari semua komponen dan stakeholder lembaga dalam bentuk partisipasi aktif, kreatif dan inovatif.
Bumi Agung, 01 Oktober 2018
Pimpinan LKP Danur Dara
Dto
Ahmad
Ridwan,S.Pd
0 Tanggapan:
Posting Komentar